LP3ES

Tuesday
Nov 21st
Text size
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Konperensi Pers

Adang-Dani Kalah dengan Terhormat

Meskipun hanya didukung oleh PKS yang memiliki 24% suara di DPRD, ternyata pasangan Adang – Dani berhasil memperluas basis dukungannya pada Pilkada Gubernur Jakarta 8 Agustus kemarin. Pasangan Adang - Dani berhasil merebut 31% dari responden yang mendukung Koalisi Jakarta. Suara yang direbut ini berhasil menyumbang 59% dari total perolehan pasangan Adang – Dani. Hal ini diperoleh dari Survei Preferensi Pemilih yang dilakukan LP3ES pada hari pemungutan suara.
Read more...
 

Fauzi Bowo Menjadi Gubernur DKI Jakarta

Pemantauan Quick Count yang dilakukan oleh LP3ES memperkirakan pasangan Fauzi Bowo – Prijanto akan menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2007-2012. Dalam pemilihan yang berlangsung hari ini, pasangan ini memperoleh 57,6% suara, sementara perolehan suara pasangan Adang Daradjatun-Dani Anwar sebanyak 42,4%.  (Lihat Tabel 1). Dengan demikian, pasangan yang diusung oleh 19 partai politik yang tergabung dalam Koalisi Jakarta ini memenangkan Pilkada DKI Jakarta.

Tabel 1. Perkiraan Perolehan Suara Pasangan Calon Gubernur dan Wakil
Gubernur DKI Jakarta 8 Agustus 2007

NO Nama Pasangan Calon  Perkiraan Perolehan Suara
 1Adang Daradjatun – Dani Anwar
 42,4%
 2 Fauzi Bowo – Prijanto 57,6%






*Data terkumpul sampai dengan pukul 17:45 WIB, 8 Agustus 2007 (367 TPS, 92% complete)
Read more...
Page 7 of 9

Optimalkan Lahan Untuk Ketahanan Pangan

Optimalkan Lahan Untuk Ketahanan Pangan

Oleh: Mahyudi Mahar

Maraknya fenomena alih fungsi lahan pertanian sudah seyogyanya jadi perhatian semua pihak. Sebagai ilustrasi, data terakhir dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Lahan dan Air, Departemen Pertanian, menunjukkan bahwa sekitar 187.720 hektar sawah beralih fungsi ke penggunaan lain setiap tahun, terutama di Pulau Jawa. Sementara Badan Pertanahan Nasional, menggambarkan bahwa total lahan sawah beririgasi yakni 7,3 juta hektar, hanya sekitar 4,2 juta hektar (57,6%) yang dapat dipertahankan fungsinya. Sisanya, sekitar 3,01 juta hektar (42,4%) terancam beralih fungsi ke penggunaan lain.

More: